Jumat, 29 Januari 2016

CARA MEMPERBAIKI MESIN CUCI YANG BERBUNYI BERISIK

CARA MEMPERBAIKI MESIN CUCI FRONT LOAD YANG BERBUNYI BERISIK

Halo Sahabat OnTheWash, kali ini OnTheWash akan membahas bagaimana cara memperbaiki mesin cuci front load yang berbunyi berisik. Namun bunyi berisik tersebut bukan akibat mesinnya yang bergetar keras atau bergoyang, tetapi bunyi berisiknya berasal dari dalam tabungnya. Sebelum  Sahabat OnTheWash memanggil tukang servis (repairman) untuk memperbaikinya, sebaiknya Sahabat OnTheWash paham penyebab munculnya bunyi berisik itu agar tidak “ditipu” tukang servis. Selain menghemat ongkos reparasi, Sahabat OnTheWash juga bisa dapat wawasan lebih soal mekanik.

Penyebab Bunyi Berisik Pada Tabung Mesin Cuci Front Load
Mesin Cuci Front Load menggunakan dua buah bearing yang dipasang di poros tengah tabung mesin cuci. Manfaat kedua bearing ini adalah untuk menciptakan perputaran yang sempurna pada tabung mesin cuci. Bearing berbentuk seperti cincin yang di dalamnya terdapat besi yang berbentuk seperti kelereng dan “dibaluri” oleh sejenis vaseline, gunanya adalah untuk memperkecil gesekan. Lalu kenapa bearing tersebut bisa rusak? Ayo Sahabat OnTheWash, mari kita bahas lagi secara singkat dan padat apa saja yang mempersingkat “umur” bearing.

1. Air
   Sahabat OnTheWash, mesin cuci jenis front load umumnya mencuci secara otomatis, cepat atau lambatnya proses pencucian ditentukan oleh jumlah air yang masuk ke dalam tabung. Itulah fungsi dari “water level” yang ada di mesin cuci front load, untuk menentukan berakhirnya dan dimulainya setiap siklus pencucian. Tinggi air di dalam mesin cuci front load otomatis biasanya tidak pernah melebihi setengah tabung (setengah tutup pintu kaca). Hayo kenapa coba Sahabat OnTheWash? Karena kalau melebihi setengah tabung, tinggi air akan mencapai bearing mesin cuci dan kemungkinan air akan masuk ke dalam bearing. Memang di depan bearing (pangkal batang tabung) ada sealer nya. Tetapi sealer tidak bisa 100% menahan air masuk ke dalam bearing, karena memang tidak kedap air. Lalu bagaimana sahabat OnTheWash kalau airnya masuk atau merembes ke dalam bearing? Tentu saja, pertama akan melarutkan vaseline yang ada di dalam bearing, sehingga bearing menjadi kesat dan berbunyi saat berputar. Lama-kelamaan, besi berbentuk kelereng yang ada di dalam bearing juga akan karatan. Kalau sudah karatan sudah bisa dipastikan mesin cuci akan sangat berisik saat tabungnya berputar. Lalu bagaimana kalau bunyi itu dibiarkan Sahabat OnTheWash? Sudah pasti bearing akan hancur dan besi-besi berbentuk kelereng tadi akan masuk ke dalam tabung mesin cuci, dan bunyinya sangat-sangat mengganggu, seperti bunyi gelas pecah!
      
      2. Deterjen Bubuk
Deterjen Bubuk bukanlah diciptakan untuk mesin cuci front load otomatis. Deterjen bubuk tidak akan larut sempurna seluruhnya di dalam air. “Filler” deterjen bubuk akan mengendap, mengambang, dan “bergentayangan” pada air yang ada di dalam mesin cuci. Saat tabung mesin cuci berputar, “filler” deterjen bubuk akan menempel pada setiap bagian mesin cuci front load. Tidak terkecuali pada sealer dan bearing mesin cuci Sahabat OnTheWash. Pengalaman pribadi OnTheWash membuktikan, mencuci dengan deterjen bubuk pada mesin cuci front load otomatis mempersingkat usia bearing dan drain pump (kita bahas di topik lain) lebih dari dua kali lipat. Kalau menggunakan deterjen cair, Sahabat OnTheWash mengganti bearing 3 tahun sekali, kalau pakai deterjen bubuk bisa ganti kurang dari setahun sekali.
Filler deterjen bubuk yang mengendap di mesin cuci.

Cara Mengganti Bearing Mesin Cuci Front Load
Oke Sahabat OnTheWash, sudah kita bahas penyebab rusaknya bearing mesin cuci. Sekarang kita bagi ilmu bagaimana cara menggantinya dengan yang baru. Jangan keburu malas dulu ya Sahabat OnTheWash, mengganti bearing harus dengan cara membongkar semua bagian mesin cuci satu persatu. Banyak memang yang harus dibuka, tetapi tidak sulit. Kalau Sahabat OnTheWash sudah malas duluan, siapkan uang Rp200.000an untuk bayar repairman, tapi sayangkan Sahabat OnTheWash, uang Rp200.000 bisa untuk beli pulsa internet unlimited Smartfren 1 bulan (malah promosi :p ). Tidak sampai 1 jam Sahabat OnTheWash bisa menghemat Rp200.000. Ayo kita bahas bagaimana caranya:
  1. Buka penutup bagian atas mesin cuci front load Sahabat OnTheWash dengan membuka 2 buah baut pada setiap pojok atas belakang mesin cuci.
  2. Lepaskan Solenoid tempat masuknya air dari selang inlet ke dalam mesin cuci berserta dengan kotak deterjennya.
  3. Lepaskan modul mesin cuci dan letakkan pada tempat yang aman, tidak perlu dicabut kabel-kabenya, cukup digantung saja di sisi samping mesin cuci Sahabat OnTheWash.
  4. Buka pintu mesin cuci dan cungkil karet penahan pintu mesin cuci Sahabat OnTheWash sampai karetnya tidak terhubung lagi dengan bagian depan mesin cuci.
  5. Lepaskan kabel yang terhubung dengan kotak pengunci pintu mesin cuci.
  6. Lepaskan bagian depan termasuk pintu mesin cuci Front Load Sahabat OnTheWash dengan membuka 2 baut pada sisi pojok atas mesin cuci, dan 3 baut pada sisi pojok bawah mesin cuci.
  7. Setelah bagian depan mesin cuci terbuka, selanjutnya buka bagian belakang mesin cuci, lepaskan belt penghubung motor (dinamo) mesin cuci dengan cakram tabung mesin cuci.
  8. Lepaskan motor (dinamo) mesin cuci dari tabung mesin cuci dan kabel heater di bagian bawah tabung dicabut. Fotokan posisi kabel heater (warnanya beda-beda) agar tidak salah saat pemasangan kembali nanti.
  9. Cabut selang water level, selang drain, dan selang-selang lainnya yang terhubung dengan tabung mesin cuci.
  10. Kemudian angkat tabung mesin cuci, lepaskan pegasnya yang ada dibagian atas kanan kiri tabung. Lepaskan juga shock breaker yang ada di kanan kiri bawah tabung.
  11. Sahabat OnTheWash akan mendapatkan tabung mesin cuci yang sudah terlepas dari bodi mesin cuci. Bukalah setiap pemberat yang menempel pada tabung plastik tersebut.
  12. Setelah itu Sahabat OnTheWash buka setiap baut yang terpasang pada tabung mesin cuci sampai akhirnya tabung plastik bisa dibuka (terbagi 2).
  13. Setelah tabung plastiknya terbuka, lepaskanlah cakram yang menempel pada bagian belakang tabung.
  14. Setelah cakram dilepas, bagian tabung plastik akan terpisah dengan tabung besi stainless.
  15. Nah, Sahabat OnTheWash akan melihat 2 buah bearing dan 1 buah sealer yang menempel pada poros tengah tabung plastik. 
    Bearing bagian luar (belakang) mesin cuci
  16. Tugas Sahabat OnTheWash selanjutnya adalah membuka bearing tersebut dan menggantinya dengan yang baru.
    Bearing dibuka dengan cara memukulnya dengan palu dari arah yang berlawanan.
    Bearing bagian luar (belakang) mesin cuci sudah terlepas.
    Kondisi rumah bearing yang sudah dilepas bearingnya
  17. Hati-hati saat memasangnya jangan dipukul pakai palu, karena bearingya akan langsung rusak. Cara termudahnya adalah hanya menempelkannya saja kemudian pasangkan tabung besi stainless dan baut cakramnya. Bearing perlahan-lahan akan bergeser masuk ke dalam posisi seharusnya. Namun sebelumnya rumanh bearing dan bearingnya harus dilumasi atau disemprot dengan penetrating oil.
    Sebelum bearing bagian luar dipasang, disemprot dahulu dengan penetrating oil.
    Sebelum bearing bagian dalam dipasang disemprot dengan penetrating oil dahulu,
     
  18. Selanjutnya letakkan bearing pada posisi yang tepat di rumah bearingya, tidak perlu dipukul, hanya ditempelkan saja.
    Bearing ditempelkan pada bagian dalam tabung

    Bearing ditempelkan pada bagian luar tabung
  19. Selanjutnya pasang sealer pada batang tabung stainless dan colokkan ke dalam bearing yang sudah menempel pada tabung plastik. Lalu pasang cakramnya dan dibaut yang kencang. Bearing akan dengan sendirinya masuk ke dalam posisinya di rumah bearing.
    Sealer dipasang dan disemprot penetrating oil

    Pangkal tabung stainless dimasukkan ke dalam poros tabung plastik yang sudah ditempelkan bearing

    Pasang cakram dan baut yang kencang
  20. Langkah selanjutnya adalah kembalikan dan pasang semua bagian mesin cuci seperti semula.
Setelah bearing diganti dan semua bagian mesin cuci dipasang seperti semula, maka mesin cuci Front Load Sahabat OnTheWash dijamin tidak berbunyi berisik lagi saat mencuci dan spin. Selamat mencoba ya Sahabat OnTheWash. Oh ya, untuk pembelian bearing mesin cuci front load, Sahabat OnTheWash dapat membelinya di toko kami. OnTheWash menjual sealer dan bearing kit mesin cuci front load disini.

Catatan: Artikel ini akan terus di-update untuk melengkapi informasinya

12 komentar:

  1. Salam kenal gan, agan punya sealer utk tabung midea front loading mg62 ukuran 25x50.7x10 tdk ya? Kalau ada saya mau order, trim's

    BalasHapus
  2. saya juga ada nih artikelnya mengenai mesin cuci silahkan kunjungi service mesin cuci sidoarjo siapa tau bisa juga jadi referensi anda

    BalasHapus
  3. artikel yang menarik dan sangat membantu. trims infonya
    http://service-mesincucimalang.blogspot.com

    BalasHapus
  4. Ukuran bering LG WD-M8070TD, brp ya bos?

    BalasHapus
  5. segitga udah yg baru sayang bearing cari di jualan otomotif gak ada jadi yg lama di pasang . Dimana toko bearing unt type Msn Cuci WF 8590 . Mhn konfirmasi.

    BalasHapus
  6. Makasih bos,atas info nya,sangat berguna,tpi saya mesin cuci sanken TW- 7700,kondisi mesin cuci saya klw di isi pakaian,trus di putar bunyi nya klutak2,gmn solusi nya bos?

    BalasHapus
  7. Makasih bos,atas info nya,sangat berguna,tpi saya mesin cuci sanken TW- 7700,kondisi mesin cuci saya klw di isi pakaian,trus di putar bunyi nya klutak2,gmn solusi nya bos?

    BalasHapus
  8. Mesin cuci saya model ES-F650PY,bunyinya berisik ni mau ganti lakernya susah mencopotnya,gimana solusinya mas brow?

    BalasHapus
  9. Mau pkai yg bs service aja, aq pny sy Lux Classic 263i-1 wilayah Lumajang, aq ada yg pny tukang service yg bs sy hub.i khususnya dr Lux Classix yg menjual barang tsb. Mksh

    BalasHapus